puncak jaya

puncak jaya
kotabaru

Sabtu, 27 Oktober 2012

Penerbangan di Puncak Jaya Masih Lumpuh


Liputan6.com, Puncak Jaya: Situasi bandara dan Kota Mulia, Puncak Jaya, Papua, berangsur kondusif pascapenembakan pesawat Twin Otter milik Trigana Air. Kendati demikian, jalur penerbangan dari dan menuju Puncak Jaya hingga Senin (9/4) masih ditutup.Bandara Mulia masih dijaga ketat tim gabungan dari TNI dan Polri. Mereka mengantisipasi serangan susulan dari pihak sipil bersenjata. Petugas juga menjaga pesawat Trigana yang hingga kini belum ditarik dari ujung landasan dengan posisi masih menabrak gudang.Penerbangan dari dan menuju Puncak Jaya ditutup sampai waktu yang belum ditentukan. Soalnya belum ada jaminan keamanan dari instansi terkait.Untuk mengetahui secara langsung insiden penembakan di Puncak Jaya, Kepala Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B) Bambang Darmono meninjau langsung ke lokasi. Peninjauan dilakukan dengan melihat pesawat yang ditembak serta areal bandara. Bambang juga menghadiri pertemuan tertutup dengan anggota Muspida Puncak Jaya.Bambang Darmono mengatakan, kedatangannya ke Puncak Jaya ingin mengetahui kenapa terus terjadi teror penembakan di Puncak Jaya? Soalnya UP4B menjalankan misi percepatan pembangunan di seluruh Papua dan Papua Barat. Ada tiga program unggulan, salah satunya adalah  dukungan stabilitas keamanan yang memadai.Adanya penembakan pesawat membuat orang berpikir untuk membangun Papua. UP4B mendorong pihak keamanan segera mengamankan situasi di Puncak Jaya agar kondusif. Dengan demikian proses pembangunan dapat berjalan dengan baik.Kapolres Puncak Jaya AKBP Alex Korwa mengaku kondisi keamanan di Kota Mulia sudah mulai kondusif. Polisi masih mengejar kelompok sipil bersenjata yang melakukan aksi teror di Papua. Pengejaran dilakukan di sekitar Pegunungan Bandara Mulia.Pesawat Twin Otter terbang dari Bandara Sentani menuju Mulia, membawa tiga penumpang dan sembako. Saat mendarat di Bandara Mulia, pesawat ditembaki oleh orang tak dikenal dari sebelah kanan. Ini mengakibatkan pesawat oleng dan menabrak sebuah gudang di bandara. Penembakan mengakibatkan seorang penumpang tewas, yaitu Leiron Kogoya (35), wartawan Pasific Pos. Dia terkena tembakan di leher kanan.(ULF)

Berita Lainnya

Terduga Teroris di Cikaret Bogor Juga Orang Tertutup
Jenazah TKI Asal Banyumas Dipulangkan
Direksi BUMN Diminta Beberkan Oknum DPR Peminta Jatah
Terduga Teroris di Solo Orang Tertutup
Polri: Para Terduga Teroris Adalah Jaringan Baru


Warga Ilaga Harus Dipulangkan
Posted by zonnadamai ⋅ 22 June 2012 ⋅ 1 Comment

JAYAPURA-Zona Damai: Seluruh warga Ilaga yang saat ini berada di Kampung Harapan dan Kampung Amole, Mimika, harus segera dipulangkan ke kampung asalnya. Upaya itu dilakukan untuk menghentikan bentrokan yang berulang-ulang terjadi antarakedua kampung yang berada di Kelurahan Kwamki Lama, Distrik Kwamki Narama, Mimika, Papua,itu. Hal itu diungkapkan Wakil Kepala Kepolisian Daerah Papua, Brigadir Jenderal (Pol … Continue reading »

 Papua Damai Tanggung Jawab Seluruh Masyarakat
Posted by zonnadamai ⋅ 19 June 2012 ⋅ 1 Comment

Jayapura–Zona Damai: Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Joko Suyanto, mengajak seluruh elemen masyarakat di tanah Papua, bertanggung jawab membangun Papua secara damai. Hal ini disampaikan Joko Suyanto dalam pertemuan antara pemerintah propinsi dan masyarakat Papua, dengan sejumlah pejabat tinggi Negara di Jayapura tadi malam. Menurut Joko Suyanto, kedamaian di Papua tidak akan terwujud, … Continue reading »

 Kapolri: 3 Orang Ditahan Terkait Penembakan di Jayapura
Posted by zonnadamai ⋅ 12 June 2012 ⋅ Leave a Comment

Jakarta-Zona Damai : Penyidikan kepolisian terhadap rentetan penembakan yang terjadi di kota Jayapura, Papua, mulai membuahkan hasil. Tiga orang sudah ditangkap dan menjadi tersangka. “Itulah yang sekarang terus kita lakukan penyelidikan dan tentunya sudah ada langkah-langkah yang clear. Kemudian ada tiga yang kita tahan, inisial W, V, dan D,” kata Kapolri Jenderal Timur Pradopo. Hal … Continue reading »

 Polres Puncak Jaya Minta Warga Bentuk Siskamling
Posted by zonnadamai ⋅ 1 June 2012 ⋅ Leave a Comment

JAYAPURA-Zona Damai :Warga Puncak Jaya, Papua, diminta untuk membentuk sistem keamanan lingkungan (siskamling) menyusul penembakan seorang guru sekolah dasar (SD) Anton Aring Tambila asal Toraja dan sejumlah peristiwa penembakan sebelumnya. “Imbauan dan harapan saya kepada warga di Mulia dan sekitarnya adalah membentuk dan tingkatkan siskamling di tempat masing-masing,” kata Kapolres Puncak Jaya Papua Ajun Komisaris … Continue reading »

 Seorang Guru di Papua Tewas Ditembak
Posted by zonnadamai ⋅ 30 May 2012 ⋅ Leave a Comment

JAYAPURA-Zona Damai : Seorang pemilik kios yang sehari-hari juga bekerja sebagai guru, Anton Arung Tambila (36), tewas ditembak di kiosnya, Selasa (29/5/2012) malam ini. Menurut Kepala Bidang Humas Polda Papua Ajun Komisaris Besar Johannes Nugroho Wicaksono, sekitar pukul 19.00 WIT, pelaku mendatangi kios korban di Kampung Kulirik, Distrik Mulia, Puncak Jaya. Saat itu, pelaku membeli … Continue reading »

 Pemprov Papua Bangun Rumah Rakyat di Puncak Jaya
Posted by zonnadamai ⋅ 2 May 2012 ⋅ Leave a Comment

Jayapura – Zona Damai : DPR Papua menyetujui anggaran pembangunan perumahan rakyat di daerah Tinggi Nambut, Kabupaten Puncak Jaya, Papua senilai Rp 6 miliar. Daerah Tinggi Nambut merupakan salah satu wilayah basis kekuatan Organisasi Papua Merdeka, OPM. Wakil Ketua I DPR Papua Yunus Wonda mengatakan dana pembangunan tersebut merupakan dana hibah dari Provinsi Papua. “Biayanya … Continue reading »

 Kepala UP4B: Pesawat Militer Akan Dioperasikan di Papua
Posted by zonnadamai ⋅ 20 April 2012 ⋅ Leave a Comment

Jakarta-Zona Damai : Kepala Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B), Letjen TNI (Purn) Bambang Darmono menegaskan, pemerintah akan menyiapkan pesawat militer milik TNI dan Polri untuk dioperasikan di tanah Papua. Hal itu disampaikan Bambang ketika memberikan keterangan kepada pers di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (19/4) kemarin, terkait insiden penembakan di Kabupaten Puncak … Continue reading »

 OPM Eksis Karena Kebijakan ‘Setengah Kopling’
Posted by zonnadamai ⋅ 13 April 2012 ⋅ Leave a Comment

Zona Damai : Tewasnya seorang jurnalis lokal Leiron Kogoya, wartawan Papua Pos Nabire (grup Pasific Post) dalam insiden penembakan pesawat Trigana PK-YRF di Bandara Mulia, Ibukota Puncak Jaya, Papua Hari Minggu (8/4/2012), masih menyisakan duka yang dalam bagi para pekerja media di Tanah Air. Sejumlah pernyataan keprihatian atas insiden itu sudah dilontar berbagai pihak, antara … Continue reading »

 Jadi Sorotan Dunia, Pengusutan Penembakan Trigana di Papua Harus Serius
Posted by zonnadamai ⋅ 10 April 2012 ⋅ Leave a Comment

Jakarta-Zona Damai : Kasus penembakan pesawat Trigana Air di Distrik Mulia, Puncak Jaya, Papua menjadi sorotan di mata dunia. Pengusutan penembakan yang menewaskan Leiron Kogoya Muliambut, seorang wartawan, itu terkesan tidak serius. “Bapak Presiden jangan hanya supaya itu (pelaku) ditangkap. Bukan seperti itu. Tapi harus lebih serius lagi penanganannya. Kesannya tidak serius,” kata Wakil Komisi … Continue reading »

 Lagi, Anggota TNI tertembak di Papua
Posted by zonnadamai ⋅ 8 March 2012 ⋅ Leave a Comment

NABIRE—Zona Damai : Penembakan kembali terjadi di Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Kali ini, seorang anggota TNI dari Satuan Tugas Yonif 753, Pratu La Ode Alwi, terkena tembakan di bagian kepala. Penembakan terjadi pada Kamis (8/3/2012) sekitar pukul 09.45 WIT, di depan kios Cipta Jaya, Kota Mulia. Menurut Kepala Penerangan Kodam XVII Cendrawasih Kolonel Ali … Continue reading »

Tidak ada komentar:

Posting Komentar